• Home
  • Edit
  • Perbaikan roda dan ban ~ Dokter Mobil

    Kamis, 09 Desember 2010

    Perbaikan roda dan ban

    RODA DAN BAN

    Fungsi

    1. Menahan seluruh berat kendaraan
    2. Memindahkan tenaga ke permukaan jalan
    3. Memindahkan gaya pengereman ke permukaan jalan
    4. Menjadikan sistem kemudi dapat bekerja
    5. Mengurangi kejutan yang disebabkan oleh permukaan jalan yang tidak rata

    Bagian Ban

    1. Tapak (Tread)
    2. Belt (rigid breaker)
    3. Carcass
    4. Garis dalam (Inner Liner)
    5. Bead wire

    Carcass
    merupakan rangka ban yang keras, berfungsi untuk menahan udara yang bertekanan tinggi, tetapi harus cukup flexibel untuk meredam perubahan beban dan benturan

    Tread berfungsi untuk melindungi carcass terhadap keausan dan kerusakan yang dsebabkan oleh permukaan jalan

    Sidewall adalah lapisan karet yang menutup bagian samping ban dan melindungi carcass terhadap kerusakan dari luar

    Breaker
    terletak antara carcass dan tread yang memperkuat daya rekat keduanya, dan meredam kejutan yang timbul dari permukaan jalan ke carcass

    Bead
    berfungsi untuk mencegah robeknya ban dari rim oleh oleh karena berbagai gaya yang bekerja

    Karakteristik Ban Bias dan Radial
    Ban Bias

    Kenyamanan cukup baik
    Umur dan kemampuan lebih rendah

    Ban Radial
    Umur pemakaian lebih lama
    Peningkatan panas kecil
    Stabilitas pengendalian baik
    Daya pengereman lebih baik
    Rolling resistance (hambatan gesekan) kecil
    Kenyamanan kurang dan pengemudian terasa lebih berat

    Keuntungan Ban Tubeless
    Jika ban tertusuk paku atau benda tajam lainnya, ban tidak menjadi kempes secara sekaligus, karena lapisan dalamnya menghasilkan efek merapatkan sendiri. Sehingga pengemudi tidak kehilangan kontrol kendaraan
    Transfer radiasi panas akan lebih baik, karena udara dalam ban berhubungan langsung dengan pelek

    Tipe Tapak Ban
    Rib
    > Jalan rata, kecepatan tinggi> berbagai jenis mobil
    Tahanan putar (rolling resistance) lebih kecil
    Kendaraan mudah dikendalikan
    Suara yang ditimbulkan kecil
    Tenaga tariknya kurang baik

    Lug >jalan tidak rata, dan lunak > truk dan industri
    Tenaga tarik baik
    Rolling resistance cukup tinggi
    Tread lebih mudah aus tidak merata
    Suara lebih besar

    Rib and lug > jalan rata maupun tidak rata> sedan, truk kecil bus
    Kendaraan lebih stabil
    Kemampuan pengendaraan dan pengereman lebih baik

    Block > jalan berlumpur dan bersalju
    Kemampuan pengendaraan dan pengereman lebih baik
    Mengurangi slip pada jalan berlumpur/ bersalju
    Lebih cepat aus
    Rolling resistance lebih besar

    PELEK

    Baja Press
    Biaya pembuatan lebih murah
    Lebih tahan lama
    Lebih mudah dalam pemasangan dan pelepasannya
    Kualitasnya lebih merata

    Logam campuran (alloy steel)
    Biasanya campuran dari alumunium atau magnesium
    Memiliki bentuk/ tampilan yang lebih menarik

    Tipe Penampang Rim
    Divide type rim (DT) >mobil kecil, mesin pertanian, dan kendaraan industri (forklift dll)
    Drop center rim (DC) > mobil sedan dan truk kecil
    Wide drop center rim (WDC) > mobil sedan dan truk kecil
    Semi drop center rim (SDC) > truk kecil
    Flat base rim (FB) > truk dan bus
    Interim rim (I) > truk dan bus

    Untuk Anda yang ingin mendownload materi roda dan ban klik di sini

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Link Download Bermasalah??

    Laporkan Kesini

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More